iklan diatas

Bahaya dibalik Kecanggihan Kecerdasan Buatan (AI)

Assalamuallaikum Sahabat Infosional.

Infosional.com - Di zaman sekarang memang menarik perhatian apabila membicarakan teknologi yang semakin berkembang. Mulai dari perlengkapan dapur, smartphone , laptop, jaringan, dan lain-lain. Sekarang ini banyak perusahaan yang ingin mengembangkan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).
Apa itu teknologi kecerdasan buatan? Kecerdasan buatan adalah kecerdasan yang dipasang disuatu sistem yang dapat diatur dalam konteks ilmiah, kecerdasan ini dibuat dan dimasukan kedalam sebuah mesin/komputer agar mesin tersebut dapat mengerjakan apa yang  manusia kerjakan. Contohnya saja ialah : game, robotika, dan masih banyak yang lainnya loh. Hebat bukan teman-teman?

Namun dibalik semua kecanggihan,kelebihan dan kehebatan dari teknologi kecerdasan buatan ini, ternyata ada bahayanya juga loh. Kita tahu sesuatu hal pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Begitu juga kecerdasan buatan ini.

Mencelakakan Manusia 
Seorang professor di universotas cornell mengatakan bahwa memilki ketakutan bahwa kecerdasan buatan ini akan punya kesadaran sendiri dan akan mencederai manusia itu sendiri disebabkan karena pemahaman yang salah tentang kegunaan kecerdasan buatan itu sendiri. Bisa saja ada yang akan menggunakan teknologi ini untuk suatu kejahatan. Karena semua jenis mesin dapat digunakan untuk hal yang baik dan juga buruk.jadi teknologi ini juga bergantung dengan siapa yang menggunakan dan mengendalikannya. Serem juga yah teman-teman
Banyak Pengangguran
Kecerdasan buatan ini dibuat agar bisa melakukan pekerjaa layaknya apa yang dikerjakan oleh manusia. Sehingga suatu perusahaan atau tokoh bisa menggunakan teknologi ini hanya dengan sekali bayar tanpa menggaji setiap bulan. Misalnya : penjaga tol, kasir, buruh pabrik, dan masih banyak yang lain loh. Sehingga dengan tergantikannya peran manusia membuat lapangan pekerjaan semakin menyusut dan akibatnya muncul lah pengangguran yang banyak.

Mengambil Keputusan
Karena teknologi ini membuat mesin meniru gerak gerik manusia, termasuk dalam hal kejujuran dan kebohongan. Para ilmuan di institute teknologi Georgia telah melakukan percobaan agar robot bisa mengambil keputusan untuk berbohong dan menipu atau tidak. Sehingga bila ada orang yang tidak bertanggung jawab menggunakan tenologi ini, maka bisa dipastikan akan berdampak buruk untuk semua orang.

Lebih Cerdas
Ternyata teknologi AI ini mempunyai dua versi loh, lemah dan kuat. Untuk smartphone virtual assistant seperti di windows, dan pc adalah AI versi lemah yang telah diprogram terlebih dahulu. Sedangkan AI versi kuat mempunyai pikiran dan nalar seperti manusia dan dapat mengambil keputusan tanpa ada masukan atau inputan dari manusia.

Wah dengan membaca beberapa fakta diatas memperlihatkan bahayanya kecerdasan buatan ini dibalik kecanggihan dan kehebatan yang dihasilkan. Membuat kita berpikir dua kali ya untuk menggunakan dan menggunakannya.

Teman-teman semua maupun yang lainnya hanya bisa berharap bahwa perkembangan AI ini tidak di manfaatkan oleh orang yang memang ingin berbuat jahat dan tidak bertanggung jawab. Mungkin sampai sini saja kami bisa menginformasikan tentang teknologi AI ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi teman-teman sekalian. Terima kasih…

0 Response to "Bahaya dibalik Kecanggihan Kecerdasan Buatan (AI)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel