iklan diatas

Materi Sistem Informasi : Pengertian, komponen, dan Klasifikasinya

Assalamu’alaikum Sahabat Infosional
Infosional.com - Pada kesempatan kali ini, admin akan memberikan info lengkpa tentang materi Konsep Sistem Informasi ni. Mulai dari pengertian,  komponennya,  Elemennya, Arsitektur, hingga Klasifikasinya. Langsung saja kita lihat materi lengkap nya di bawah ini :
Sistem Informasi : Pengertian, komponen, dan Klasifikasinya

Konsep Dasar Sistem Informasi
A. Pengertian Sistem
Sistem adalah sekelompok unsur yang erat hubunganya satu sama lain, yang fungsinya sama-sama untuk mencapai tujuan tertentu. Sederhananya, sistem adalah suatu himpuna  atau kelompok dari unsur, komponen, variable yang telah teratur, kemudian saling berinteraksi dan membutuhkan satu sama lain.
Keseimpulan dari definisi diatas adalah :
  • Terdiri dari unsur dan komponen yang teratur
  • unsur-unsur ini saling membutuhkan satu sama lain untuk mencapai tujuan tertenu
  • suatu sistem adalah bagian sistem lain yang lebih besar

B. Pengertian Informasi
Umumnya, Informasi adalah hasil dari data yang telah diolah atau pengolahan data dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi sipenerima yang menggambarkan suatu kejadian yang akan digunakan untuk mengambil suatu keputusan.

Baca Juga : 

C. Pengertian Sistem Informasi
Sistem Informasi adalah sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan suatu kebutuhan pengolahan suatu transaksi harian yang mendukung fungsi operasi suatu organisasi yang sifatnya manajerial dengan strategi dari organisasi bersangkutan untuk menyediakan informasi yang diperlukan untuk mengambil sebuah keputusan.

Sistem ini dapat melakukan penyimpanan, pengambilan, pengubahan, pengelolahan, dan komunikasi dengan informasi yang diterima menggunakan sistem yang ada.

Adapun pengertian kedua, Sistem informasi adalah sebuah kombinasi antara teknologi informasi dengan aktivitas orang yang menggunakan teknologi yang ada untuk mendukung sebuah operasi dan sebuah manajamen. Umumnya, sistem informasi adalah interaksi seseorang dengan data dan juga teknologi untuk sebuah tujuan ataupun proses lainnya.

Komponen Sistem Informasi
Gambar Interaksi Sistem Informasi
Sistem informasi biasanya terdiri dari beberapa komponen yang dinamakan blok bangunan (building blok), komponen-komponen ini saling berinteraksi satu sama lain hingga membentuk suatu kesatuan  untuk mencapai tujuan , komponennya ialah :
1. Komponen Input
2. Komponen Model
3. Komponen Output
4. Komponen Teknologi
5. Komponen Hardware (perangkat keras)
6. Komponen Software (Perangkat Lunak)
7. Komponen Basis Data
8. Komponen Kontrol

Baca Juga :
Penjelasan Komponen dan Elemen Lengkap Sistem Informasi

Elemen Sistem Informasi
Bukan hanya terdrii dari komponen saja, namun sistem informasi juga terdiri dari beberapa elemen yang terdiri atas orang, hardware, software dan yang lainnya. Elemen ini juga saling terhubung satu sama lain. Dimana elemen ini merupakan komponen Fisik, Elemennya ialah :
1. Orang
2. Prosedur
3. Perangkat Keras (hardware)
4. Perangkat Lunak (software)
5. Basis Data
6. Jaringan Komputer
7. Komunikasi Data

Arsitektur Sistem Informasi
Sistem informasi bisa dibentuk sesuai dengan kebutuhan suatu organisasi, nah karena itulah untuk menerapkan sistem yang efektif dan efisien maka diperlukan suatu perencanaan, pengaturan, pelaksanaan, dan evaluasi seseuai kebutuhan yang diinginkan.

Gunanya sistem yang sesuai kebutuhan adalah untuk mendapatkan keunggulan dalam berkompetisi. semua orang dapat menggunakan sistem informasi didalam suatu organisasi, namun efektifnya suatu sistem, itu adalah hal yang berbeda. Jadi sistem yang efektif dan efisien lah yang bagus.

Suatu perubahan sistem dari kecil maupun yang besar, memiliki tingkatannya masing-masing, yaitu :
  • Tingkat I    : Ide, untuk mendapatkan perubahan yang lebih baik
  • Tingkat II   : Design, Merangkai suatu pemecahan masalah
  • Tingkat III  : Kontrol, mencek atau memperhatikan proses pelaksanaan sesuai dengan design
  • Tingkat IV : Evaluasi, menganalisis suatu perubahan yang telah dirancang sesuai dengan tujuan yang ada.
  • Tingkat V  : Tindak Lanjut, Melakukan hasil dari evaluasi yang telah dirancang sebelumnya,  apakah lebih baik atau tidak

Tingkatan yang menjadi suatu kunci sebagai pemecah masalah baik secara menyeluruh ataupun perbagian, yaitu : 
Klasifikasi Sistem Informasi
Sistem informasi adalah sebuah bentuk integrasi antara komponen 1 dengan komponen yang lain, dikarenakan sistem mempunyai mempunyai tujuan atau sasaran yang berbeda untuk setiap kasus yang terjadi didalam sistem itu sendiri.

Sehingga sistem memiliki klasifikasi dari beberapa sudut pandang, yaitu :
a. Sistem abstrak dan sistem fisik
sistem abstrak adalah suatu sistem yang merupakan ide dan pemikiran yang tidak tampak secara fisik, contoh nya sistem teologia, yaitu sistem yang merupakan pemikiran hubungan antara manusia dengan tuhan
Sistem fisik adalah sistem yang bisa dilihat secara fisik, contohnya adalah sistem komputer.

b. Sistem alamiah dan sistem buatan manusia
Sistem alamiah adalah sebuah sistem yang terjadi lewat proses dari alam, yang tidak dibuat oleh manusia. Contohnya, sistem perputaran bumi yang pastinya ini bukanlah sistem buatan dari manusia. Sedangan sistem buatan manusia adalah sistem yang melibatkan manusia dengan mesin.

Biasanya sering disebut human machine system, contohnya adalah sistem informasi berbasis internet. Karena sistem ini membutuhkan manusia untuk menjalankan komputernya.

c. Sistem deterministic dan sistem probabilistik
sistem deterministic adalah suatu sistem yang berjalan atau beroperasi dengan tingkah laku yang bisa diprediksi. Sedangkan sistem probabilistic adalah sebuah sistem yang kondisi dimasa depannya tidak bisa diprediksi dikarenakan mengandung unsur probabilistic.

d. Sistem terbuka dan sistem tertutup
sistem terbuka adalah sebuah sistem yang saling berhubungan dan dipengaruhi oleh lingkungan luarnya. Sistem ini dapat menerima masukan dan menghasilkan sebuah keluaran untuk subsistem yang lain. Sedangkan sistem tertutup adalah sebuah sistem yang tidak saling berhubungan dan dipengaruhi oleh lingkungan luarnya. Jadi sistem ini bekerja dengan cara otomatis tanpa campur tangan dari pihak luar.

Mungkin itu saja materi Lengkap tentang Sistem Informasi, semoga materi ini bermanfaat bagi kita semua, jangan lupa untuk kembali lagi ke infosional.com untuk mendapatkan materi yang lebih banyak lagi.

Terima Kasih 

Referensi :
Wikipedia (sistem informasi)
Novrina.staff.gunadarma.ac.id (sistem informasi)

0 Response to "Materi Sistem Informasi : Pengertian, komponen, dan Klasifikasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel